Senin, 02 Februari 2009

Cermat Sebelum Melamar Kerja

TAMAT sekolah baik dari SMA maupun SMK ingin Mendapatkan pekerjaan. Namun ada hal-hal yang perlu untuk diperhatikan sebelum memburu pekerjaan.

Bagi para fresh graduate atau orang yang hendak pindah kerja, panduan utama mereka umumnya adalah halaman lowongan kerja, baik itu di koran atau pun lewat dunia maya, internet. Begitu mendapatkan lowongan yang dinilai cocok atau menarik pasti akan diincar. Lowongan kerja di koran yang dinilai cocok itu lantas dilingkari dengan spidol atau mencatat di agenda untuk hasil yang didapat di internet.




Langkah selanjutnya, tentu saja membuat surat lamaran. Surat lamaran yang bagus, indah, dengan melampirkan dokumen yang dinilai mampu mendongkrak nilai jual pribadi adalah hal wajib. Jika Anda lakukan semuanya, itu adalah sebuah awal yang bagus. Tapi, itu masih belum cukup untuk mendapatkan pekerjaan yang diidamkan.

Ada satu hal lagi yang perlu dilakukan usai mengirimkan surat lamaran. Para pelamar harus aktif berburu informasi atas pekerjaan dan perusahaan yang hendak dituju. Tidak perlu terlalu mendetail, yang utama, Anda tahu garis besar pekerjaan dan perusahaan yang hendak dituju.

Setidaknya, ada dua nilai plus yang didapatkan dengan mengumpulkan informasi atas pekerjaan dan perusahaan yang akan Anda datangai. Pertama, itu menunjukkan kesungguhan atau antusiasme atas pekerjaan dan perusahaan yang hendak di masuki. Kesungguhan dan antusiasme itu bakal terlihat ketika Anda sudah memasuki sesi wawancara. Sudah menjadi hal yang lazim, dalam wawancara itu pertanyaan seputar apa yang diketahui soal pekerjaan dan perusahaan akan diajukan para pewawancara.

Nilai plus yang kedua, Anda bisa tahu celah-celah mana yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan pekerjaan itu. Dengan mengetahui profesi dan perusahaan yang diincar, Anda bisa tahu apa yang sebenarnya mereka cari atau mereka harapkan dari para calon pegawai mereka. Untuk memutuskan mempekerjakan seseorang, perusahaan lebih cenderung untuk memilih calon pegawai yang cocok atau sesuai dengan mereka, bukan sekadar lebih cerdas atau lebih penurut.

Berikut ini adalah empat hal yang perlu diketahui ketika Anda memburu pekerjaan baru:

Profil karier

Anda perlu mengetahui, apakah pekerjaan yang diincar itu sesuai atau tidak dengan Anda. Terutama kalau disangkut-pautkan dengan minat. Pekerjaan baru akan sangat menyiksa, bila Anda bekerja tidak sesuai dengan hal yang diinginkan. Pasalnya, sudah menjadi rahasia umum bahwa seringkali, pekerjaan itu tidak sesuai latar belakangan pendidikan, tetapi lebih pada minat personal.

Profil perusahaan

Tidak kalah pentingnya, Anda harus melakukan penelitian tentang perusahaan yang disasar. Anda mungkin bisa bertanya sana-sini. Yang utama, seberapa sehat perusahaan yang ingin Anda masuki. Kesehatan sebuah perusahaan menjadi penting karena hal itu secara tidak langsung sangat berpengaruh pada rencana atau kehidupan Anda di masa depan. Juga perlu dilihat bagaimana budaya kerja di perusahaan ini. Budaya kerja sangat menentukan norma tidak tertulis yang sangat berkaitan dengan aktivitas kerja Anda sehari-hari.

Profil usaha

Ini penting bagi Anda yang ingin mengubah karier. Mungkin Anda yang dulu seorang reporter ingin melompat menjadi seorang public relation officer sebuah perusahaan. Ini bisa dilakukan entah dengan melihat internet, membaca beberapa majalah, atau bertanya kepada orang yang telah berpengalaman di bidang tersebut. Profil usaha ini untuk melihat bagaimana peluang usaha ini di masa-masa mendatang.

Profil kota

Soal yang ketiga tidak kalah pentingnya dengam dua hal di atas. Sejatinya, jika Anda melamar ke perusahaan yang terletak di luar kota atau bahkan di luar negeri. Dengan begitu, Anda dituntut bisa mempelajari bagaimana kebiasaan hidup masyarakat di kota itu. Pun yang lebih penting adalah mengenai biaya hidup. Sehingga Anda bisa melakukan perkiraan atau perhitungan seandainya berniat bekerja di perusahaan tersebut.

0 komentar:


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com. Supported by Interior Design. Powered by Blogger